Pages

Cari Artikel

Luar Biasa, Rupanya Begini Cara Memperbaiki Power Window Mobil


Kaca pada bagian jendela mobil memilik fungsi sebagai pelindung atau juga sebagai keluar masukan udara, ketika kaca mobil ditutup akan melindungi anda dari air hujan atau udara kotor pada saat driving, lalu pada saat kaca mobil dibuka akan ada sirkulasi udara dalam kabin mobil. Tentu kita semua sudah tahu jika kaca jendela mobil ini selalu dibuka tutup sesuai keperluan, tapi ada kasus lain dimana kaca mobil dengan sistem bernama power window sedikit susah untuk ditutupkembali bahkan macet atau diam dan tidak bergerak sama sekali ketika akan dibuka.

Seringkali hal ini membuat kita jengkel, terutama pada saat akan membayar tol ataupun membuang sesuatu keluar mobil dan ternyata kaca jendelanya susah untuk dibuka karena macet.

Berikut ini adalah penyebab dari power window macet :

  •     Karet list yang telah mengeras
  •     Motor power window yang melemah
  •     Kontak skalar power window yang kotor
  •     Kawat seling mengalami kerusakan
  •     Drop voltage di motor listrik power window

Berikut Cara Memperbaiki Power Windows yang Macet :

  1.     Bukalah baut dibagian hendle pintu dalam, bukalah secara pelan pelan agar tidak dol.
  2.     Setelah itu pengait besi sentral lock dilepas secara pelan-pelan.
  3.     Kemudian buka baut di penutup pintu dalam dan lepaskan juga penutup spion di bagian dalam.
  4.     Lepaskan juga bagian handle pintu sisi dalam dan penutupnya.
  5.     Pada power window terdapat 10 skrup, lepas 7 skrup yang ada pada pintu dan 3 skrup yang menaha kaca bagian bawah.
  6.     Setelah itu keluarkan piranti power window secara perlahan, pasalnya pada saat pelepasan, kaca mobil akan copot kebawah, jangan sampai pecah.
  7.     Bukalah 3 baut pada dinamo penggerak yang ada di power window.
  8.     Jika sudah terbuka, pastikan jika kabel dinamo tidak terlepas.
  9.     Bersihkan bagian magnet yang ada di power window memakai carian pembersihm bisa memakai clean carbu, lakukan berulang hingga keraknya hilang dan diamkan beberapa menit, pastikan lagi kalau keraknya hilang.
  10.     Bersihkan juga bagian kumparan memakai cairan carbu cleaner, jemur selama beberapa menit hingga kering supaya tidak konslet.
  11.     Tes piranti magnet apakah terdaoat gaya tarik menarik atau tidak, jika tidak bisa dipastikan dinamo sudah rusak.
  12.     Gigi pengerak di bagian luar dan dalam dinamo dilumasi carian khusus.
  13.     Tes memakai multitester jika punya, atau bisa menghubungkan dengan aki, pada kabel positif bertemu positif dan negatif bertemu negatif, jika terdengar bunyi dan gignya berputar, berarti masih dalam kondisi baik.
  14.     Lalu kaca dan karet dibersihkan memakai deterjen atau bisa dengan pasta gigi.
  15.     Beri grace pada semua bagian gigi di power windownya.
  16.     Selesai.

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan untuk anda tentang cara memperbaiki power windows yang macet. Semoga apa yang kami sampaikan bisa bermanfaat untuk anda semua. Sampai jumpa lagi.


Sumber

No comments:

Post a Comment