Pages

Cari Artikel

Penyebab Kerasnya Kopling Mobil

Kopling merupakan komponen yang terdapat di semua jenis kendaraan bermotor, salah satunya mobil. Fungsi kopling sendiri adalah memutus dan menghubungkan putaran yang dari mesin ke transmisi. Mungkin tidak akan berdampak besar pada mobil dengan sistem transmisi otomatis ketika berkendara di jalan perkotaan yang macet, tetapi bagi para pemilik mobil dengan sistem transmisi manual akan dibuat jengkel apabila berkendara dijalanan perkotaan yang macet ditambah lagi saat menginjak pedal kopling terasa berat atau keras. Hal ini tentu akan menyebabkan area lutut dan pergelangan kaki menjadi pegal akibat terlalu seringnya menginjak pedal kopling yang keras.

Kopling yang keras atau berat ketika di injak penyebabnya cukup beragam, namun utamanya ialah karena kurangnya perawatan dan perliaku si pengemudi itu sendiri. Ketika mengendarai mobil, hendaknya kita jangan meletakan kaki diatas pedal kopling, karena akan berdampak pada cepat aus nya plat kopling. Plat kopling yang mengalami keausan tentu akan menyebabkan pedal kopling menjadi keras atau berat saat di injak. Selain itu, masih ada lagi beberapa penyebab dari kerasnya kopling ketika di injak. Kami telah merangkum penyebab dari kerasnya kopling pada mobil.

1. Free Play terlalu kecil

Kopling yang dalam kondisi setelan baik adalah pada saat pedal di tekan full, maka gigi transmisi akan berpindah secara halus. Lalu setelah pedal kopling dilepaskan sebelum 50% mobil akan berjalan. Nah, jika free play pada komponen kopling terlalu kecil, maka itulah yang menyebabkan jarak tekan menjadi lebih besar sehingga kopling terasa keras.

2. Release Bearing yang kotor

Penyebab selanjutnya adalah release bearing yang kotor. Jika komponen satu ini kotor maka akan menggangu pergerekannya. Untuk itu, rajin – rajin lah merawat dan mengecek komponen tersebut, jika terlanjur kotor maka bisa membersihkannya dengan cairan anti karat secukupnya. Maka, release bearing dapat bergerak mulus kembali dan kopling ringan kembali.

3. Pegas Kopling sudah berumur

Baik pegas diafragma maupun pegas koil jika sudah tua atau berumur akan menyebabkan pedal kopling terasa keras ketika di injak. Solusinya adalah ganti komponen pegas diafragma atau sering disebut matahari koplung dengan yang baru, harganya sekitar 3000 – 600 ribuan.

Demikian informasi mengenai penyebab kopling mobil keras atau berat ini. Semoga dengan ini anda dapat lebih rajin lagi merawat kondisi mobil kesayangan. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi.


Sumber

No comments:

Post a Comment