Pages

Cari Artikel

Cara Smart Berkendara Hemat BBM


Ada beberapa hal yang perlu anda lakukan untuk menghemat BBM, Berikut ini diantaranya, 

Pertama, 
usahakan menghindari menginjak gas dengan cara menghentak. Injakan gas harus setabil dan bertahap.Kalau pedal gas diinjak secara tiba-tiba, otomatis bahan bakar yang masuk ke ruang bakar juga terlalu banyak. Dan akibatnya, tidak semua bahan bakar yang masuk ke ruang mesin terbakar sehingga bahan bakar yang masuk tersebut justru tidak keluar. Dalam bentuk tenaga secara optimal tetapi ikut terbuang ke udara luar lewat kenalpot. 


Kedua, 
memindahkan gigi presniling sesuai dengan rasio putaran mesin kendaraan (RPM). Cara termudah adalah menyesuaikan dengan spesifikasi kendaraan. Hal ini dapat dilihat di buku manual kendaraan. 

Ketiga, 
segera sesuaikan gigi presneling setelah menurunkan kecepatan. Setelah berlari kencang, jangan ngerem mendadak, turunkan gigi presneleng dulu ke gigi rendah. 

Keempat,
Melakukan service berkala dan uji emisi sangat penting, sebab konsumsi bahan baker juga ditentukan oleh kondisi komponen-komponen mesin. Komponen mesin yang sudah banyak mengalami keausan/kerusakan bias menyebabkan pembakaran bahan baker tidak sempurna. 

Kelima, 
untuk mengetahui kondisi mesin lakukanlah perawatan mesin secara rutin.periksa juga emisi gas buang. Apabila hasil pemeriksaan gas buang menunjukkan nilai HC (hidrokarbon) dan CO (karbon monoksida) terlalu tinggi.ini pertanda pembakaran diruang baker tidak sempurna. Perhatikan juga komponen-komponen penggerak roda seperti kopling, bearing (roda), kopel (propeller shaft), as roda dan roda. Bila komponen-komponen roda ini aus atau rusak, akan menyebabkan tenaga yang di hasilkan oleh mesin untuk mendorong mobil terbuang percuma. 

Keenam, 
setiap menggunakan kendaraan perhatikan beban mesin.setiap kali menggunakan kendaraan usahakan tidak mengangkut muatan yang tidak diperlukan sehingga kendaraan menjadi kelebihan beban, semakin berat beban semakin besar konsumsi BBM. 

Ketujuh, 
saat memakai pendingin AC disarankan untuk bisa menyesuaikan dengan kebutuhan, karena kompressor AC memberikan beban yang cukup besar bagi mesin. 

Kedelapan, 
usahakan menghindari kemacetan, dalam berkendara bertipikal stop and go mesin akan bekerja sangat tidak efektif dan tentu saja boros BBM.

Semoga Bermanfaat.

No comments:

Post a Comment