Pages

Cari Artikel

Pilih Mana ? Toyota Agya vs Daihatsu Ayla vs Honda Brio Satya

Berturut - turut 3 mobil segmen LCGC (Low Cost Green Car) telah meluncur di Indonesia. Yang pertama meluncur Daihatsu Ayla, Toyota Agya dan terakhir Honda Brio Satya. 

Toyota Agya dan Daihatsu Ayla merupakan produk kembar. Makanya mereka memakai mesin yang sama, yaitu 1KR-DE. Sementara Honda Brio menggunakan mesin dengan kode L12B. 

Mesin Toyota Agya dan Daihatsu Ayla menggunakan 3 silinder 12 katup dengan kapasitas 998 cc. Sementara Honda Brio Satya mengandalkan dapur pacu 4-silinder 16 katup berkapasitas 1.198 cc. Tak heran tenaga yang dihasilkan Toyota Agya dan Daihatsu Ayla hanya 65 dk/6.000 rpm dengan torsi 85 Nm/3.600 rpm. 

Sementara itu Honda Brio Satya mampu memproduksi tenaga 88 dk/6.000 rpm dengan torsi 114 Nm/4.500 rpm. Mesin Agya dan Ayla sudah menggunakan teknologi kem ganda alias DOHC (Double Over Head Camshaft) sedang Honda Brio Satya berjenis Single Over Head Camshaft (SOHC). 

Namun, Brio Satya sudah dilengkapi teknologi varible timming canggih yang disebut i-VTEC sedang dua rivalnya belum memiliki. Toyota Agya dan Daihatsu Ayla mengkombinasikan mesin ini dengan transmisi 5-speed dan otomatis 4-speed. Sementara Honda Brio hanya tersedia transmisi manual 5-speed saja.

Pilih Mana ?

No comments:

Post a Comment