Pages

Cari Artikel

ET Scooter, Skuter Listrik Life Style Bagi Semua Orang

Pernahkah kalian terbayangkan bahwa ada skuter yang dijadikan gaya hidup oleh orang-orang barat?, nah disini kalian akan melihat ada skuter listrik favorit bagi semua orang.

Perusahaan XOR Motors asal China membuat model konsep dari skuter listrik bernama ET Scooter. Desainnya sangat berbeda dengan model skuter lainnya dan yang pasti menarik. ET Scooter lebih terlihat sebagai motor yang hanya berbentuk kerangk.

Motor skuter ini menggunakan penggerak berdaya 250 W, namun bisa dikembangkan menjadi 1.000 W. Kecepatan maksimumnya pun antara 25 dan 70 kilometer per jam, tergantung mode pengendaraan yang dipilih, seperti dikutip dalam Okezone.com, Kamis (8/1).

Dalam sekali charge, ET Scooter bisa menjangkau jarak 20 kilometer. Namun dalam waktu dekat ini perusahaan akan mengembangkan teknologi baterai sehingga jangkauannya bisa dua kali lipat atau 40 kilometer.

Skuter listrik ini didesain untuk digunakan di lingkungan perkotaan, jangkauan tersebut dinilai sudah cukup. Baterai bisa di-charge hingga penuh antara tiga dan empat jam, sehingga waktu untuk men-charge tidak akan mengganggu aktivitas. Terlebih, skuter tersebut bisa dilipat sehingga tidak memakan tempat yang besar.


Kendaraan motor listrik ini menggunakan kerangka berbentuk tabung yang dibuat dari bahan alumunium. Karena itu bobotnya terbilang ringan, yakni 30 kilogram. Meski demikian ET Scooter mampu menanggung beban lima kali lipat dari bobotnya. Dua rodanya dilengkapi sudah dengan disc brake. Sementara diameter roda adalah 12 inci baik di depan dan belakang.

Desain skuter ini sederhana dan perannya sebagai kendaraan komuter menjadi ikon lifesyle di seluruh dunia. Terlebih ketika bermunculan skuter listrik lipat. Salah satu yang menarik adalah skuter ET lansiran XOR Motors. Skuter racikan China ini memiliki desain yang sangat bersih. Bodi hanya terdiri dari tiga buah tabung alumunium yang dapat dilipat.

Skuter listrik ET berjalan dengan dua roda berukuran 12-inci yang disandingkan rem cakram ganda. Bobot kering hanya 30kg, dan dapat dikendarai oleh penumpang dengan berat 150kg. Selain fungsional, keunggulan lainnya terletak pada pilihan rentang tenaga.

Skuter pada varian entry level dipersenjatai motor listrik 250W yang hanya berjalan dengan kecepatan 20kpj. Jika kurang puas, pabrikan menyiapkan versi 1.000W. Kecepatan puncak diklaim mampu melesat hingga 43mph atau setara 69kpj.

Baterai pada skuter ini sanggup membawa motor berjalan-jalan sejauh 40 km dalam sekali isi. Kecepatan pengisian dari kondisi kosong hingga penuh membutuhkan waktu 3-4 jam. Saat ini ET Scooter masih berbentuk prototipe, dan baru akan lahir pada kuartal II tahun ini. Untuk harga, pabrikan akan membanderol mulai dari US$ 2.990 atau sekitar Rp 38 juta-an saja.

No comments:

Post a Comment